Kemaren sore. waktu dampingi dosen tuk ngajar komputer, ada sedikit masalah.

tak tahu kenapa, ketika orangnya mau ngirim email ke mahasiswanya untuk sebagai contoh. ada masalah..emailnya tak mau keluar. padahal alamat emailnya sudah di masukkan didalam kontak email. wah...dosennya juga kebingungan..akhirnya manggil saya. oke deh aku datang...waktu aku liat, pertama kali aku berpikir..disitu alamat email ditulis begini :
Khoirul Anam, sandra A

nah saya sedikit merasa janggal dengan penulisan email seperti ini. akhirnya saya coba akalin dengan membuang nama-nama yang mengekor di alamat email. lalu saya pisah dengan koma. wal hasil terkirim...lega deh hatiku...gak percuma jadi ass Dos. namanya juga assDos harus bantu2 ketika ada masalah..

Setelah kejadian cerita diatas,saya akhirnya penasaran..karena memang saya belum tahu bagaimana cara ngirim email secara massal. langsung saja jurusku aku keluarkan..minta bantuan mbah google...dan hasilnya....
eh ternyata dan ternyata....cara yang aku pakai waktu pelajaran komputer itu benar..

cara ngirim email secara massal ternyata dengan memasukkan alamat-alamat email yang akan dituju dan di pisah dengan koma. contoh nya begini :


to : ah_***@***.***,Cinta-ani@jmail.com,gigiku@kahoo.co.id dan sterusnya....

Nah kalau yang CC dan BCC itu fungsinya adalah

Kata Cc: merupakan kependekan dari kata “Carbon Copy“. Nah, Ini mirip dengan istilah pertama diatas. yaitu mengirim email massal,Bedanya terlihat kepada siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan emailjuga akan dibaca. istilahnya di copi lah.penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.
Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Deny, dan saya ingin pula Pak Budi menerima salinan email tersebut. Pak Deni tahu bahwa email sayajuga dikirimkan ke Pak Budi (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Budi.

Kata Bcc: Kependekan dari kalimat “blind carbon copy“. Sedikit berbeda dengan Cc: Yaitu , semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkansatu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu -satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat emailAnda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.

*(disusun berdasarkan pengalaman serta dari Googling ke mana-mana)