Tulisan ini adalah tulisan yang mungkin akan menjadi materi terakhir dalam pertemuan di mata kuliah komputer ini. Banyak yang menannyakan bagaimana caranya mengubah template dasar ke dalam template yang baru dan lebih menawan. Jujur saya bisa menjawab, untuk seperti itu tidak serta merta langsung terjadi instan. Tapi perlu banyak ketelitian. Mana yang harus anda pakai dan mana yang tidak. Template yang anda gunakan yang asli dari blogger dinamakan template classic yaitu template bawaan dari blogger. Itupun jika anda mau melakukan edit, sudah pasti akan sudah bagus. Akan tetapi jika anda ingin template blog anda seperti web asli, silahkan kalian menggantinya dengan berbagai template yang telah tersedia di internet.

Sekilas tentang template Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang sobat lihat sekarang, seperti banner diatas, background warna putih, kolom-kolom di samping kanan, serta semua yang sobat lihat sekarang adalah salah satu bentuk dari desain template. Memilih template yang cantik sangatlah perlu, karena dengan tampilan template yang menarik untuk di lihat maka akan membuat para pengunjung dari blog kita menjadi betah untuk berlama-lama berada di blog kita selain tentunya isi dari blog kita juga sangat menunjang.

LANGKAH-LANGKAH

Sebelum anda mengganti template, terlebih dahulu cari template yang ingin anda gunakan.

  1. cari dan download script template yang ingin anda gunakan. Situs penyedia template sangat banyak. Saya rekomendasikan untuk situs yang koleksi templatenya banyak dan juga gratis untuk anda.

saya rasa tiga alamat itu sudah cukup untuk anda mencari template yang anda gunakan.

Cari template yang anda inginkan. Pilih salah satu, jika ingin mengetahui previewnya, silahkan klik demo/preview yang tersedia. Bila sudah ketemu dengan yang cocok, silahan klik download. Tunggu hingga proses download selesai.

  1. Setelah proses download selesai, cari letak lokasi file yang telah anda download tadi. Jika anda menggunakan browser firefox, klik pada window DOWNLOADS, klik kanan pada file lalu klik OPEN CONTAINING FOLDER. Jika sudah keluar foldernya, maka akan terlihat file tadi.
  2. Langkah selanjutnya adalah meng-EKSTRAK- file, CARANYA : KLIK KANAN pada file, lalu Klik EKSTRAK HERE. Atau bisa anda ekstrak ke lokasi yang anda inginkan. Untuk itu klik EKTSRAK FILES-tentukan lokasi- klik OKE. Maka akan keluar dalam bentuk folder. Buka folder tersebut, maka akan anda temukan file yang berekstensi XML. Cirinya ada gambar bola dunia dan ada tulisan dibawah nama file XML Document.

    Persiapan telah selesai. Tinggal mengupload file ke blogger.

  3. Masuk dulu ke akun blog anda. Setelah masuk DASBOR. Klik ke layout/rancangan. Klik edit html
  4. Pada tahap ini saya berikan dua alternatif cara untuk memasukkan script template tadi ke blog.

    1). Yang pertama. Langsung CHOOSE FILE/PILIH FILE, cari file template tadi. Klik lalu UPLOAD FILE/UNGGAH. Tunggu hingga proses upload selesai, jika sudah selesai, akan ada kota peringatan. Apakah anda mau mempertahankan widget atau tidak. Kalau ya, maka widget anda akan tetap ada, jika tidak maka sistem akan otomatis menghapusnya. Setelah itu, klik preview jika ingin melihat tampilannya terlebih dahulu. Kalau sudah, jangan lupa tekan Simpan ya !!!

    2). Yang kedua. KLIK KANAN pada FILE TEMPLATE, lalu klik OPEN WITH-pilih NOTEPAD. Maka notepad akan terbuka dengan menampilkan script template tadi. Langkah selanjutnya adalah meng-copy semua file tersebut. Ikuti cara praktis ini.

    - Letakkan kursor ke dalam notepad dan klik.

    - tekan Ctrl+A lalu tekan Ctrl+C.

    - Masuk ke EDIT HTML, lalu klik pada area edit html (di dalam kotak). Tekan Ctrl+A kemudian tekan Ctrl+V

    - Klik preview jika ingin tahu previewnya, jika tidak langsung SIMPAN. NOTE : Pada cara yang ini tidak di tampilkan kotak Peringatan apakah anda ingin mempertahankan widget atau tidak. Jadi terserah anda pilih cara yang mana.

  5. Lihat BLOG, silahkan lihat hasilnya. Saya yakin jika pada tahap nomor 4 tidak ada tulisan peringatan berwarna merah pasti akan muncul blog anda dengan template yang baru.


    Selamat mencoba