Di dalam pelajaran bahasa Inggris tingkat SMA kelas X, terdapat materi yaitu bercakap-cakap dalam konteks Interpersonal. Didalam materi ini siswa diharapkan mampu menguasai percakapan dalam kaitannya menyatakan kegembiraanya. Lalu yang seperti apakah itu?
Tentu itu tidak lah sulit, seseorang rata-rata suka dalam menampilkan kegembiraannya. Lalu kita aplikasikannlah kedalam pelajaran bahasa Inggris.
Materi bisa dilihat seperti dibawah ini

Showing Happiness

It's really great. I'm so happy.

I'm delighted to hear that.

It gives me a great pleasure.

Nice news! Or good News! It makes me happy.

Hooray!

It's lovely.


dari beberapa statement diatas, bisa kita pahami bahwa pengungkapan kegembiraan tidak hanya terungkap dalam beberapa statements saja. Bisa di ungkapkan kedalam banyak Statement.

Lalu Bagaimana pembuatan worksheetnya?

Kita sesuaikan dengan SKKD nya dahulu, jika kita menghendaki mengajar Listening, Maka kita buat Teks dialog sedemikian rupa agar membuat siswa semakin mengasah otaknya untuk berpikir. Contoh:


Retno : Dad, where is mom?

Father : She is back there.

Retno : Mommy, Mommy….

Mother : I'm right here. What's up?

Retno : Mom, you know, I sent a job application to a big international company near the downtown a week ago and just now I got a phone call from the company that I get accepted. I am going to work. It's lovely.

Mother : Yes, that's wonderful. Come on. Go tell your daddy.

Retno : Yes, I will. I'm so happy right now.


Teks Listening diatas bisa anda gunakan untuk pengajaran anda. Namun Teks diatas masih dalam keadaan komplit, jadi jika menghendaki teks rumpang. Silahkan buang beberapa kata yang anda inginkan.

Tapi, Bagaimana cara merubah Teks menjadi audio? Tunggu postingan saya selanjutnya.