Anda sedang mengikuti mata kuliah Metode Penelitian, Research Metodology, atau akan melaksanakan penelitian? ada baiknya ada membaca sejumlah referensi mengenai Penelitian. Karena jika anda berangkat melakukan penelitian tanpa adanya referensi, anda layaknya sekelompok tentara yang berangkat ke medan perang tanpa strategi dan persiapan matang. Apa jadinya? sudah pasti anda akan diberondong habis-habisan oleh musuh.
Nah dalam research jelaslah anda harus mengikuti beberapa prosedur dalam langkah-langkah anda. Tidak dibenarkan jika seorang peneliti akan serta merta meneliti tanpa adanya proposal dahulu. Karena lewat proposal inilah anda akan memetakan beberapa langkah serta konsep dalam penelitian anda. Namun hal ini kadang dibuat bingung oleh beberapa calon peneliti, maksud saya adalah mahasiswa. Mereka harus berjibaku dikala di depan dosen mereka. Sulit memahami, tidak siap dengan konsep karena memang membuatnya dengan asal-asalan. Kadang malah ada yang tidak mengerti dengan apa yang mereka bawa "karena mereka tidak membuat sendiri".
Di paragraf-paragraf awal ini saya mencoba berbagi bagaimana pengalaman di depan mata saya ketika saya melakukan proses penelitian. Banyak mahasiswa sama seperti apa yang saya utarakan di awal tadi. Janganlah anda maju ke depan dosen pembimbing anda dengan bekal pas-pasan, dijamin 100% anda akan terjungkir balik dengan proposal yang anda bawa. Bahkan sebelum anda membawa proposal, dalam artian anda masih dalam pengajuan judul, sudah pasti anda akan dag dig dug. Karena di waktu pengajuan judul, anda pasti akan ditanya bagaimana konsep penelitian anda. Lalu mau dibuat apa judul ini.
Pertanyaan sederhana namun itulah Core dari research anda. Jangan sampai anda tidak mampu menjelaskan variabel 1 dengan variabel yang lainnya. Karena memang dalam research, kemampuan menguasai variabel adalah penting sekali. Jika anda tak mampu menguasai variabel tersebut, saran saya jangan anda teruskan penelitian dengan keadaan seperti itu, secepatnya anda kuasai variabel anda atau bila tidak anda harus ganti judul yang lebih anda kuasai bukan yang anda sukai. Bacalah cara jitu mencari judul yang tepat untuk skripsi anda.

Main Point dalam penelitian yang harus anda pelajari dahulu adalah 
1. Jenis Penelitian
2. Waktu dan tempat penelitian
3. Populasi, sampel dan sampling
4. Variabel Penelitian
5. Pengumpulan data
5. Analisa data
6. Penyajian data

Dengan anda memahami 6 point di atas saya yakin research anda akan sukses. Sekian dulu pengantar dari saya. Setelah ini  akan coba saya postingkan seri Cara Jitu Untuk Sukses Dalam Penelitian selanjutnya.