Tips Suskes PPL dan Ujian PPL
PPL adalah suatu program pengenalan lapangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa khususnya mahasiswa pendidikan. Yang biasanya ditempatkan di suatu sekolah baik tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan yang sederajat. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada siswa mengenai bagaimana mereka berada dalam sekolah yang sesungguhnya dan bagaimana mereka menangani masalah-masalah yang ada di dalam kelas dengan secara real.
Hal ini kadang menjadi momok bagi mahasiswa yang PPL , terlebih jika kualitas murid muridnya mengalahkan kompetensi mahasiswa PPL. Apakah hal itu akan membuat minder Guru PPL (saya sebut guru PPL) untuk mengajar siswa yang notabene mungkin kompetensinya lebih jauh pinter daripada Guru PPL? jawaban saya tidak. Bukan berarti siswa yang pinter akan membuat minder guru PPL, karena hal ini tergantung dalam personal gurunya.  Setiap personal guru mempunyai tingkat kepercayaan diri yang berbeda. Ada kalanya yang bisa mengontrol dirinya dengan baik ada pula yang tidak.
Secara pengalaman, kadang PPL itu menjadi momok yang sangat ditakuti oleh mahasiswa, terlebih jika siswanya sangat bandel dan tukang ramai. Saya memaklumi hal itu, karena mereka masih dalam taraf remaja yang aktif dan senang bersenda gurau. Kita sebagai Guru memang sudah seharusnya menjadi sosok yang disegani bukan ditakuti, and it works!
Kali ini saya hendak berbagi tips bagaimana guru PPL bisa sukses meraih hasil maksimal dalam setiap mengajar dan Ujian PPL. Tips ini saya bagikan dengan harapan ketika anda nanti pamit dari sekolah, siswa seakan seperti anak ayam kehilangan induknya. yang berarti anda sangat di rindukan oleh para siswa. Sepertinya menarik ya. mari kita ulas masalah ini.

Persiapan mengajar 
Persiapan mengajar itu sangat penting dalam hal PPL, Guru PPL bukanlah guru asli mereka yang bisa menggunakan apapun dengan totally work. Siswa memang biasanya sangat patuh dengan guru mereka. Namun tidak semua siswa bisa seperti itu dengan Guru PPL. Maka dari itu Guru PPL hendaknya bisa menata cara mengajar mereka dengan baik serta memberikan warna baru yang unik dan menyenangkan bagi siswa. Tidak perlu mewah yang penting bisa membuat mereka tertarik kepada anda. Nah, persiapan mengajar inilah yang sangat berpengaruh di dalam kelas. Bagaimana tidak, Guru PPL tidak hanya menyiapkan bahan ajar  yang akan anda sampaikan, namun juga menyiapkan skenario pembelajaran (RPP). Ketika  pada tahap ini kuncinya terletak pada penyusunan bahan serta skenarionya. Usahakan anda mengikuti instruksi dari Guru Pamong anda. karena anda tidak bisa berjalan seenaknya sendiri. Jika anda mempunyai ide dalam konsep mengajar anda, bisa anda masukkan dalam pembelajaran anda dengan tanpa meninggalkan instruksi guru pamong.

Basa Basi itu Penting!
Bagi anda yang ndak suka dengan basa-basi, mungkin tips ini bisa anda tinggalkan. Namun bagi saya Basa-basi adalah hal penting dalam mengajar, Dalam keseharian saya mengajar, saya selalu tak pernah meninggalkan basa-basi dengan murid saya. Ini bermanfaat untuk memperat hubungan antara guru dan murid, Dan inilah yang menurut saya bisa menjadi kunci anda sangat dikenal dan sangat disegani siswa anda. Namun basa-basi dalam hal ini ada limit nya, tidak seperti anda basa-basi seperti biasanya.
Mengobrol dengan siswa dalam pelajaran ini ada limitnya, intinya anda berinteraksi dengan mereka dengan konsep yang telah anda buat. Jadi waktu perlu diperhatikan disini. Joke juga sangat perlu dalam setiap mengajar, apalagi ketika anda kebagian jam terakhir yang pastinya itu adalah waktu dimana malas-malasnya siswa. Kreasi anda dalam setiap pelajaran sangat penting bagi anda dan siswa tentunya.

Berikan Yang Beda!
Apa maksudnya ini? maksudnya adalah, anda berikan sesuatu yang bagi mereka baru dan unik, dan buat mereka terkagum-kagum dengan anda. Dalam psikologi anak SMA, rasa ingin tahu mereka masih besar, Jadi anda bisa memanfaatkan ini untuk menarik perhatian mereka. Berikan cara mengajar yang menyenangkan dengan cara yang unik namun tetap mengikuti alur pembelajaran. Dalam hal ini anda harus pintar-pintar menata konsep yang akan anda berikan. Kreasi anda sangat berarti dan itu akan sangat bermanfaat sekali.

Wise and Friendly
Ini yang terakhir menurut saya, sebagai guru memang hendaknya anda harus Wise, kata-kata anda sangat mencerminkan kebijakan anda. Jika anda bisa Wise dalam bertindak dan bertingkah laku. Maka sangat saya yakini siswa akan terpesona dengan anda, bukan karena anda ganteng namun karena anda sangat bijak dan mampu mengayomi siswanya. Solusi anda akan selalu dinanti oleh siswa anda,
Friendly apalagi! Akrab dengan siswa adalah hal mutlak yang harus anda lakukan jika anda ingin anda sangat dikenal oleh mereka. Keramahan anda akan menawan hati siswa, dengan seperti ini anda akan sangat dirindukan kedatangannya oleh siswa. Namun Akrab disini tetap ada batasnya. Akrab dengan batasan yang tak perlu saya jelaskan, anda mungkin sudah bisa memperkirakan sampai manakah anda harus seakrab itu dengan siswa.

Meskipun anda masih muda, namun jika anda mampu seperti itu, insya Allah mereka akan menjadi murid yang baik bagi anda, mereka menganggap anda bukan guru PPL namun guru mereka yang sangat mereka rindukan dan menjadi Guru Yang Baik bagi mereka.
semoga artikel ini bermanfaat.
Artikel ini bersambung ke Tips Sukses Ujian PPL