Di dalam bahasa Inggris ada istilah noun yang kemudian dibagi menjadi dua bentuk yaitu, kata benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung.
  1. Dapat di hitung (Countable Nouns)
  2. Tidak dapat Dihitung (Uncountable Nouns)
Perbedaanya sangat mudah, countable bisa di tandai dengan bisa dihitungnya suatu benda dengan angka yang tanpa embel-embel. contoh : satu apel, dua apel,
sedangkan uncountable bisa ditandai dengan bisa dihitung namun harus menggunakan embel-embel, contohnya: Satu gelas air. kita tidak bisa mengucapkannya "satu air". Jadi harus diberi embel-embel, mengenai satuannya. bisa Segelas, Seliter, Dua galon, Dua gelas

Kalau dalam istilah bahasa inggrisnya
  1. Countable: Most nouns  have a singular and a plural form. We call these nouns countable nouns because they can be counted so we can use a numeral before them (two, three, four…)
  2. Uncountable:Some nouns have only a singular form. We call them uncountable nouns because we cannot count them. We can’t use a numeral before them (two, three,four…) or the indefinite article a-an.



Jika para guru ingin mendownload handout Countable-Uncoutable Nouns ini, silahkan lihat dibawah ini. Untuk mencetak silahkan tekan tombol print. Kemudian siapkan kertas untuk hasil cetakan nanti, anda bisa memilih yang grayscale atau yang fullcolor.


Countable-uncountable.swf