Passive Voice adalah salah satu struktur dalam bahasa inggris. Fungsi nya memang untuk mengubah object menjadi subject. Namun hanya dalam posisi nya saja, bukan secara makna. Kalau Secara Makna nanti ya susah. Bayangkan contoh kalimat ini:
Tina eats bread di ubah kedalam passive voice bread is eaten by Tina.
Kalau kita mengartikannya salah maka maknanya salah semuanya. Orang awam akan mengartikan mungkin " Roti memakan Tina". Padahal aslinya adalah "Roti dimakan oleh Tina". Nah lo....
Cara mengubah kalimat aktif kedalam pasif cukup mudah. Kali ini kita belajar mengenai Cara mengubah Kalimat aktif simple present tense kedalam kalimat pasifnya.
Perhatikan rumus kalimat aktif dari Simple Present Tense:

Subject + Verb (s,es, ies) + Object   + Adverb of Time / Place / manner

Subject tidak saya jelaskan pastinya sudah tahu. Verb disini bersifat kondisional, jika subject berupa He, She, It dan kerabatnya, maka Verb harus diberi tambahan s, es, ies.

Bila dirubah kedalam kalimat passive, makan akan mengacu pada rumus kalimat nominal nya. Hanya saja Verb menjadi Verb 3 atau past Participle. dan penambahan "by". dan kedudukan dibalik, Object menjadi subject dan Subject menjadi posisi Object.

Object  + to be + Verb 3 +by+ Subject + adverb of time /place/manner










Contoh:

Rina sings a song in the classroom at 7 o'clock am
Subject + Verb (s,es, ies) + Object   + Adverb of Time / Place / manner

dirubah kedalam kalimat passive

a song is sung by Rina in the classroom at 7 o'clock am
Object  + to be + Verb 3 +by+ Subject + adverb of time /place/manner
 
Nah cukup mudah bukan, Ingat To be dalam bahasa inggris, dan jangan lupakan struktur kalimat nominal nya. Karena Passive Voice tidak akan menjauh dari konsep nominal kalimat.

Nah demikian salah satu materi mudah dan singkat untuk kalian yang sedang belajar tentang kalimat aktif dalam pasif. Jika ingin banyak materi dari English for SMA. Silahkan klik disini,

Jika kamu yakin untuk mencoba skill bahasa inggris kamu, jangan takut, ayo coba fitur Arragilcs Blog, yaitu fasilitas tes online yang disediakan gratis untuk kamu kamu semua.