possesive objective
Noun-possesive objective
Alhamdulillah, saat sekarang sudah bisa menengok blog ini lagi. semoga hal ini bisa saya teruskan hingga hari-hari mendatang. Kali ini saya menulis sebuah artikel yang memang ide aslinya adalah kasus dari anak didik saya yang saat kemarin belajar mengalami kesulitan pada masalah menentukan possesive objective dari sebuah subject.
Masalah seperti ini memang sebenarnya tidak menjadi suatu masalah yang besar, namun ini sangat penting pula dalam pemahaman bahasa inggris. Materi ini muncul pada bahasan Kelas VII SMP/MTS yaitu grammar focus mengenai possesive objective.

Possesive Objective

Bahasa Inggris SMP/MTs memuat beberapa grammar dasar yang merupakan pengembangan dan pengulangan kembali dari materi SD. Dari sini kita bisa menengok kembali pada materi Bahasa Inggris SD yang terdapat pada Buku Pegangan Bahasa Inggris maupun LKS Bahasa Inggris SD.
Sekarang mari kita belajar dengan cepat bagaimana menelaah kata kunci yang ada pada setiap kalimat tersebut. Kita langsung membahasnya dalam bentuk Soal Bahasa Inggris Possesive Objective. Bentuk soal dalam bahasan ini ada beberapa macam, ada bentuk True and False, Fill in the Blanks, ataupun Multiple Choice. Ingat POSSESIVE OBJECTIVE selalu di ikuti Noun, Karena memang fungsinya sebagai penunjuk kepemilikan suatu benda.
Sekarang kita lihat bentuk soal dibawah ini:

1. I have a car. This is … … car.

sekarang lihat soal diatas. Yang bergaris bawah adalah kata kuncinya, di situ adalah I, maka ingatlah possesive objective  dari I adalah my. selengkapnya lihat urutan dibawah ini
I    = My
You     = your
We    = our
They     = their
He    = His
She    = her
It    = its

karena possesive objective itu menerangkan tentang kepemilikan benda dari suatu object, cara yang mudah adalah melihat siapakah subjectnya. Ketika subjectnya berkata You, jelaslah sudah you possesive objective nya adalah your.

Variasi Possesive Objective


Di dalam sebuah soal, subject tidak melulu dalam bentuk baku, seperti I, You , They, We, He , She, It. Namun dalam suatu test, selalu dikembangkan dalam beberapa bentuk varian yang ditujukan untuk menguji kecerdikan dan ketelitian siswa.
contoh :
He has a book, kalimat ini bisa di variasikan , Tono has a book. Nah, cara menebaknya pun tidak sulit, sama seperti tadi.Lihat Subject nya, Tono, itu adalah persamaan dari He, yaitu orang ketiga tunggal. jadi cuma satu. He punya Possesive Objective yaitu  His.

Waktunya Latihan, tentukan Possesive Objectivenya,

  1. 1. Rani and Fajar have two cars. They are .......cars
  2. 2. You have two horses. They are … … horses.
  3. 3. He has a basket. That is … … basket.
  4. 4. She has two baskets. Those are …… baskets.
  5. 5. We have five apples. These are … …apples.
  6. 6. They have boat. It is … … boat.


Semoga bermanfaat. Selamat belajar.

Artikel diatas di susun berdasar kasus: cara menentukan possesive objective dengan mudah, mengetahui possesive objective. Grammar Bahasa inggris. Possesive Objective itu mudah.